syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Kolaborasi dengan FH Unej dalam Pengembangan Kelembagaan

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Kolaborasi dengan FH Unej dalam Pengembangan Kelembagaan
Diposting : Minggu, 21 Jul 2024, 15:18:31 | Dilihat : 191 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Kolaborasi dengan FH Unej dalam Pengembangan Kelembagaan


Jember (Fasya Media) -  Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember dan Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ) resmi menjalin kerjasama melalui penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan di Ruang Balai Ilmu FH Universitas Jember. Acara yang berlangsung pada Jumat, 19 Juli 2024 ini dihelat dalam rangka bencmarking Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dengan Fakultas Hukum Unej. Jalinan kerja sama ditandatangani oleh masing-masing Dekan yaitu Dr. Wildani Hefni, MA, sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, Prof. Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni menyampaikan bahwa Fakultas Syariah saat ini sedang mengembangkan digilitalisasi layanan dan juga jejaring komunitas akademik. Pihaknya menuturkan, sinergi dan kolaborasi menjadi sangat penting untuk mewujudkan hal itu.

“Sebagai Fakultas yang basis keilmuannya sama-sama bermuatan ilmu hukum, kami merasa sangat penting untuk belanja gagasan dan sharing dengan teman-teman pengelola Fakultas Hukum Unej. Kedepan, sinergi dan kolaborasi itu akan diwujudkan dalam kegiatan peningkatan akademik, termasuk juga kerjasama dalam publikasi ilmiah”, terang Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni, MA.

Dekan FH Unej Prof Bayu Dwi Anggono menyampaikan bahwa untuk memajukan suatu lembaga, diperlukan dukungan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, budaya kerja, digitalisasi, dan jejaring kerja. Ia menambahkan bahwa setiap lembaga pendidikan tinggi memiliki keunggulan masing-masing.

“Fakultas Hukum UNEJ, misalnya, memiliki organisasi bantuan hukum terakreditasi A yang telah meraih penghargaan sebagai OBH Probono Award terbaik dari Hukum Online tahun 2023. Tentu kedepan, FH Unej sangat strategis untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember”, terang Prof Bayu.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini mencakup berbagai bidang, termasuk riset bersama, pertukaran mahasiswa dan dosen, kerjasama dalam penyelenggaraan konferensi, pembuatan buku bersama, serta kolaborasi dalam implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Selain itu, acara juga diisi dengan sesi benchmarking dan forum diskusi yang melibatkan Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III, Koorprodi, dan Gugus Mutu dari masing-masing Fakultas. Dalam diskusi ini, kedua belah pihak berbagi pengalaman dan strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, mulai dari strategi pengembangan akademik, kurikulum, tracer study, penjaminan mutu, peningkatan riset dan publikasi ilmiah, serta aspek pengembangan lembaga lainnya.

Penandatanganan perjanjian ini menandai langkah maju dalam sinergi antara dua Fakultas dengan basis ilmu syariah dan hukum ini yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas layanan dan tata kelola.

 

Kontributor: Fasya Media

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;